Tingkatkan Budaya Literasi: Mahasiswa KKN UNDIP Buat Pojok Baca di Balai Desa Siguci

  • Aug 11, 2023
  • Admin Desa Siguci

Siguci, Batang – Kondisi lingkungan yang lumayan jauh dari kota menjadikan Desa Siguci sedikit mengalami kesulitan dalam beberapa akses. Salah satunya adalah tidak adanya perpustakaan desa. Kondisi ini menjadikan tingkat literasi masyarakat Desa Siguci masih rendah atau masih belum dapat dengan mudah mengolah informasi.

Literasi merupakan kemampuan seseorang dalam membaca, menulis, hingga berpikir kritis. Mahasiswa KKN Tim II Undip,  Azzahra Mayta Kurniatin, dari jurusan Ilmu Perpustakaan sangat menyadari bahwa literasi dapat dikatakan sebagai pilar bagi setiap orang untuk memperluas pengetahuan sehingga dapat meningkatan kualitas sumber daya manusia di Desa Siguci. Oleh karena itu sebagai Upaya untuk meningkatkan literasi masyarakat dibuatlah program kerja pengadaan pojok baca di balai desa Desa Siguci yang disertai pula dengan pengadaan koleksinya.

Penyerahan pojok baca dilakukan pada Rabu, (09/08/2023), dan mendapat respon baik dari Sekretaris Desa Siguci, Ibu Ida. “Memang sudah dari dulu ingin membuat pojok baca tetapi belum sempat terlaksana.” katanya.

Pemilihan lokasi pojok baca juga diarahkan langsung oleh Kepala Desa Siguci, lokasi tersebut terletak di aula Balai Desa Siguci. Lokasi ini dianggap strategis sebab ruang aula yang sering dipakai untuk kegiatan pemerintahan maupun kegiatan kemasyarakatan. Sehingga tidak hanya perangkat desa saja namun seluruh lapisan masyarakat pun dapat merasakan manfaat keberadaan pojok baca ini karena koleksi yang disediakan beragam mulai dari pengetahuan umum, booklet pertanian dan perikanan, pajak, bahkan juga disediakan buku koleksi anak.

Diharapkan setelah adanya pojok baca dapat meningkatkan budaya literasi serta dapat memberikan wawasan yang lebih luas bagi masyarakat Desa Siguci. Selain itu, diharapkan pula melalui pojok baca ini dapat meningkatkan minat baca dan kemampuan berbahasa pada anak.