Optimalkan Budidaya Lele Desa Siguci dengan Penyuluhan Manajemen IPAL: Solusi untuk Mewujudkan Lingkungan Perairan yang Berkelanjutan

  • Aug 10, 2023
  • Admin Desa Siguci

Kabupaten Batang (28/07/2023), Budidaya ikan air tawar merupakan salah satu sektor yang saat ini menjadi potensi perikanan utama yang ada di Indonesia. Salah satu jenis ikan yang banyak dibudidayakan adalah ikan lele karena memiliki pertumbuhan cepat, daya tahan yang baik, serta toleransi yang tinggi terhadap berbagai kondisi lingkungan. Karena sifat-sifat tersebut, lele menjadi ikan budidaya yang ideal dan menjadi pilihan banyak petani atau pembudidaya. 

Pertumbuhan pesat budidaya lele telah membawa manfaat ekonomi bagi petani dan berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan protein hewani bagi masyarakat. Namun, seperti kegiatan pertanian atau perikanan lainnya, budidaya lele juga dapat menimbulkan masalah lingkungan, terutama terkait dengan pencemaran. Hal ini karena budidaya lele yang ada di Desa Siguci belum memiliki sistem pengelolaan air limbah yang dihasilkan dari aktivitas budidaya. Air limbah dari aktivitas budidaya biasanya langsung dibuang tanpa pengolahan terlebih dahulu. Air limbah yang terakumulasi dalam jangka waktu panjang akan menyebabkan dampak buruk bagi keberlanjutan ekosistem akuatik dan membahayakan makhluk hidup yang bergantung pada ekosistem tersebut.