Menyusun Peta Persebaran Potensi : Melacak Peluang Desa untuk Pengembangan Berkelanjutan

  • Aug 13, 2023
  • Admin Desa Siguci

Kabupaten Batang (10/8/2023), Desa Siguci yang terletak di Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang merupakan salah satu desa yang memiliki berbagai macam potensi yang dapat dikembangkan dan belum banyak dipublikasikan kepada masyarakat luas. Padahal, media publikasi merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk dimiliki dimana akan meningkatkan perhatian dan juga sebagai sarana promosi untuk masyarakat tidak hanya di sekitar Kecamatan Pecalungan, akan tetapi juga seluruh wilayah Kabupaten Batang. Adanya media publikasi ini diharapkan mampu meningkatkan penjualan dari berbagai macam potensi yang ada di Desa Siguci.

Potensi terebut tersebar di seluruh Dukuh yang ada di Desa Siguci. Terdapat potensi dari peternakan ayam, kambing, sapi yang dapat ditemui di Dukuh Gerdu. Potensi perkebunan dan pertanian singkong, padi, jagung dan melinjo yang dapat ditemui di sebagian besar kawasan Desa Siguci. Hasil perkebunan dan pertanian ini sudah dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk menjadi produk UMKM unggulan Desa Siguci berupa opak dan emping melinjo yang produksinya banyak ditemui di Dukuh Gerdu. Desa Siguci juga memiliki potensi budidaya ikan air tawar yaitu ikan lele yang terdapat di Dukuh Siguci, Ngroto, dan Gerdu. Untuk melestarikan budaya kesenian, terdapat karawitan atau gamelan yang masih aktif melakukan kegiatan rutin yang ada di Dukuh Karangjati.

Melihat adanya potensi dan peluang tersebut mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Muammar Ridho Assidqy dari program studi Manajemen Sumber Daya Peraian menghadirkan media publikasi berupa peta persebaran potensi yang ada di Desa Siguci. Desa Siguci saat ini belum memiliki data Peta persebaran potensi potensi desa yang dapat bermanfaat sebagai salah satu sarana inventarisasi dan informasi bagi masyarakat luas tentang potensi yang ada di Desa Siguci. Pembuatan peta ini disambut baik oleh Kepala Desa dan seluruh perangkat desa.

Harapannya dengan adanya peta ini bisa menjadi salah satu pusat informasi penting, baik bagi masyarakat Desa Siguci itu sendiri maupun bagi masyarakat luas untuk mengembangkan berbagai potensi unggulan yang ada di Desa yang akan bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian dari masyarakat Desa Siguci.